7 Cara Menghilangkan Komedo Cepat Secara Alami

Posted on

Seseorang dengan jadwal yang super sibuk, seperti kegiatan rapat kerja, bergaul dengan teman dan penanganan rumah tangga. Semua kegiatan itu seringkali dilakukan oleh para wanita, namun terkadang mereka lupa untuk mengurus hal yang paling penting di dunia ini, yaitu diri sendiri.

Ada jutaan wanita dan bahkan pria yang menderita masalah kulit. Kuncinya bukan untuk menekankannya. Ini adalah fakta yang terbukti secara medis bahwa stres mental adalah alasan penyebab komedo, jerawat dan penuaan dini.

Cara Menhilangkan Komedo

Selain itu, karena panik, wanita mulai banyak melakukan perawatan kulit. Itu juga sangat berbahaya bagi kulit karena penggunaan bahan kimia yang berlebihan bahkan merusak lingkungan kulit secara melimpah.

Komedo merupakan istilah medis untuk beberapa jenis benjolan yang terdapat pada kulit. Benjolan tersebut merupakan hasil pori-pori yang tersumbat. Pori dapat tersumbat sebagian atau seluruhnya, ini menyebabkan terbentuknya kepala hitam (blackhead) atau kepala putih (whitehead).

Apa penyebab komedo muncul?

Penyebab komedo yang paling sering adalah penyumbatan pori-pori kulit. Kulit kita terdiri dari jutaan pori-pori di mana rambut tumbuh. Tepat di bawah kulit, di setiap pori-pori, bisa ditemukan kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous, kelenjar minyak. Kelenjar sebaceous menyediakan makanan rambut dan kulit dan secara alami mencegah rambut dan kulit mengering. Hal ini dengan mengeluarkan cairan berminyak yang disebut sebum, yang jika disekresikan secara normal, tidak menyebabkan masalah kulit yang mencolok.

Namun, bila sebum diproduksi secara berlebihan, seperti pada saat stres atau saat hormon tidak seimbang, bangun bisa terjadi tepat di bawah kulit. Kondisi ini bisa diperparah bila pori-pori tersumbat sepenuhnya atau sebagian terhalang oleh sel kulit mati atau zat lainnya, seperti kotoran atau make up.

Dengan kondisi ini sebum tidak memiliki kemampuan untuk mengalir secara alami melalui pori-pori yang terbuka. Hasilnya adalah kantong kecil dari minyak menyebabkan benjolan kecil pada kulit, atau yang dinamakan komedo.

Kebanyakan orang cenderung mendapatkan komedo paling menonjol masa pubertas. Pada anak laki-laki dan perempuan, perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh berarti kelenjar sebaceous bekerja lembur, menghasilkan cairan melum yang terlalu banyak, menyebabkan kulit berminyak.

Banyak remaja menderita kulit berminyak dan beberapa kasus yang lebih ekstrem, dimana produksi sebum menjadi terlalu banyak, timbulnya beberapa bentuk komedo yang lebih parah. Adalah bijak untuk mencari saran medis sejak dini dan saat timbulnya komedo pertama kali muncul. Hal ini dapat mengurangi risiko jaringan parut yang tidak perlu yang bisa disebabkan oleh komedo dan kondisi kulitnya yang terkait.

Meskipun komedo lebih umum terjadi saat di usia remaja. Namun komedo bisa berlanjut sampai dewasa, kebanyakan orang memiliki tanda-tanda komedo di sekitar usia 25 tahun atau lebih. Dengan ketidakseimbangan hormon menjadi akar utama penyebab overproduksi sebum dari kelenjar, banyak perawatan untuk orang dewasa tersedia untuk dipilih untuk mengurangi rasa sakit dan penderitaan yang disebabkan oleh komedo yang berlangsung lama.

Cara Menghilangkan Komedo

Menghilangkan komedo dengan cara alami lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Sauna dengan uap air

Cara Menghilangkan Komedo dengan Uap Air

Sauna wajah merupakan salah satu perawatan alami untuk menghilangkan komedo. Ini bagus untuk mengatasi komedo (whitehead). Uap berguna untuk membuka pori-pori serta mengendurkan penumpukan kotoran, minyak dan sel kulit mati.

Cara melakukan perawatan ini. Pertama, rebuslah air kedalam panci untuk membuat uap. Matikan api dan letakkan wajah di atas wajan sambil menggunakan handuk di atas kepala untuk menjebak uap di sekitar wajah. Biarkan uap meresap ke wajah selama lima hingga delapan menit. Terakhir, tepuk kulit dengan handuk bersih.

Selain cara tersebut, Kamu bisa mencelupkan handuk bersih dan lembut ke air hangat, memeras kelebihan air dan meletakkannya di wajah. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian keluarkan. Ulangi prosesnya dua atau tiga kali dalam duduk.

Gunakan salah satu dari perawastan komedo ini satu atau dua kali seminggu secara teratur, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan salah satu scrub wajah atau solusi pengelupasan kulit untuk hasil yang lebih baik lagi.

2. Kayu manis & madu

Cara Menghilangkan Komedo dengan Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu merupakan kombinasi yang baik untuk menghilangkan komedo. Zat anti-bakteri dalam madu dapat membantu kulit terjauh dari bakteri yang menyebabkan komedo. Selain itu madu berperan sebagai perekat untuk mengeluarkan sesuatu yang menyumbat pori-pori. Kayu manis meningkatkan sirkulasi, dan peningkatan aliran darah ini membuat kulit  menjadi halus, sehat, bersinar.

Beberapa bahan yang diperlukan yaitu bubuk kayu manis, madu dan kapas. Selajuntya, campur madu dan kayu manis bersama sampai Anda memiliki cukup pasta untuk menutupi area yang terkena. Oleskan di lapisan tipis di atas komedo dan kemudian tekan selembar kapas bersih di atasnya. Biarkan duduk selama 3-5 menit sebelum melepaskan dan membilas wajah Anda. Jangan lupa menindaklanjuti dengan pelembab!

3. Oatmeal scrub

Cara Menghilangkan Komedo dengan Oatmeal Scrub

Untuk membuang kulit yang mengelupas, mengatasi pori-pori terbuka dan kelebihan minyak dapat dilakukan kotoran dengan scrub oatmeal. Penting untuk merawat wajah dengan scrub yang tepat dan menyediakan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Anda bisa membuat scrub berikut di rumah:

  • Campur bagian madu mentah dan oatmeal yang sama (sesuaikan konsistensi jika Anda mau).
  • Aplikasikan di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit.
  • Sebelum melepas, pijat wajah Anda dengan lembut selama beberapa menit.
  • Bilas scrub dengan menggunakan air suam-suam kuku.

4. Bubuk baking soda

Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Baking soda bisa dikombinasikan dengan air untuk membuat pasta kental. Campurkan satu bagian air dengan tiga baking soda untuk membuat pasta baking soda. Biarkan masker di wajah Anda sampai mengering dan kemudian bersihkan. Perawatan ini bisa sangat berguna setelah mengukus wajah. Alih-alih baking soda, Anda juga bisa menggunakan tanah liat dan membuat topeng tanah liat.

5. Masker putih telur dan madu

Cara Menghilangkan Komedo dengan Madu

Ini adalah masker yang akan membuat pori-pori lebih kencang dan memberi kelembaban pada kulit Anda. Putih telur mengandung nutrisi yang dapat menghilangkan komedo dan mengencangkan pori serta mencegah timbulnya kembali komedo.

  • Campur 1 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu mentah dan 1 butir telur (ambil bagian putihnya saja).
  • Oleskan campuran dan biarkan selama 20 sampai 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

6. Jus lemon

Cara Menghilangkan Komedo dengan Jus Lemon

Lemon mengandung Alpha Hydroxy Acid yang secara alami mengelupas kulit. Campurkan bagian yang sama dari jus lemon, madu dan gula merah (sesuaikan konsistensi jika Anda mau). Kemudian ambil campuran dan gosokkan ke wajah Anda selama sekitar 5 menit. Anda bisa meninggalkannya di wajah Anda selama beberapa menit lagi. Kemudian bilas dan keringkan. Anda juga bisa mencampur jus lemon segar dengan susu atau air mawar untuk membuat pembersih wajah dan gunakan beberapa kali dalam seminggu.

7. Minyak esensial teh

Cara Menghilangkan Komedo dengan Minyak Esesnsial Pohon Teh

Untuk mencegah infeksi dan bakteri menyebar, gunakan minyak pohon teh. Karena ini adalah cairan yang sangat manjur dan bisa menyebabkan reaksi di kulit, sebaiknya encer dulu sebelum mengoleskannya pada kulit Anda. Encerkan dalam lidah buaya yang memiliki potensi penyembuhan dan pelembab tambahan dengan perbandingan 1: 9. Bubuhkan minyak pohon teh yang diencerkan pada area kulit yang terkena dengan menggunakan bola kapas dan biarkan sampai kering. Jangan membilasnya. Minyak pohon teh juga merupakan salah satu obat terbaik untuk komedo yang ada di dada dan punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *