Tak Cuma Lezat, Inilah Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Posted on

Alpukat adalah salah satu pohon asli Amerika Tengah dan Meksiko. Tanaman ini diklasifikasikan kedalam keluarga Lauraceae. Alpukat terkenal dengan buah dengan kandungan yang kaya lemak. Lemak yang ada di dalam buah alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh. Lemak inilah yang membuat teksturnya kental dan halus. Selain manfaat alpukat juga banyak, baik kecantikan dan kesehatan.

Buah Alpukat jika dibandingkan dengan buah lain, maka buah ini memiliki jumlah lemak yang tebih tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin E, vitamin C dan vitamin B, potassium, dan tembaga.

Manfaat Buah Alpukat

Dengana mengkonsumsi buah yang kaya lemak ini diyakini akan mendapat banyak manfaat. Manfaat buah alpukat dipercaya mampu membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Untuk mengonsumsi alpukat, Anda bisa dimakan mentah, tapi bisa juga diolah menjadi makanan olahan.

 

Kandungan Gizi dan Nutrisi

Alpukat terdiri dari 73% air, 15% lemak, 8,5% karbohidrat (kebanyakan serat), dan protein 2%. Setengah alpukat (atau setara dengan 68 gram) mengandung 109 kalori, yaitu setara dengan 160 kalori per 100 gram.

Karbohidrat

Alpukat mengandung jumlah kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan buah lainnya.  Setengah alpukat (68 gram) hanya mengandung 0,5 gram gula dalam tiga bentuk utama: fruktosa, glukosa, dan galaktosa. Karbohidrat bersih yang dicerna beratnya hanya 1,8 gram untuk setiap 100 gram alpukat.

Karena kandungan gula rendah, alpukat diharapkan memiliki skor indeks glisemik yang sangat rendah. Ini artinya alpukat seharusnya relatif tidak menaikkan kadar gula darah.

Serat

Serat adalah kandungan karbohidrat yang paling banyak (79%) dari alpukat. Setengah alpukat menyediakan serat 4,5 gram dalam jumlah besar. Serat memiliki peran penting sebagai komponen makanan dan membawa banyak manfaat kesehatan khususnya pencernaan. Serat membantu mengatur nafsu makan, memberi makan bakteri baik di usus, dan mengurangi risiko banyak penyakit.

Lemak

Alpukat adalah buah yang sangat tidak biasa karena dikemas dengan asam lemak tak jenuh. Lemak jenis ini tak sebanyak jika dibandingkan pada buah lainnya. Salah satu asam lemak paling banyak adalah asam oleat. Asam lemak ini juga dapat ditemukan pada kandungan utama minyak zaitun. Asam oleat dikaitkan dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek menguntungkan pada kanker. Minyak Alpukat telah dilaporkan menjadi sumber lemak sehat yang hebat, yang didukung oleh penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa ia memiliki efek perlindungan terhadap peradangan, diabetes, dan penyakit jantung.

Vitamin dan mineral

Alpukat juga memiliki kandungan berupa vitamin dan mineral esensial melimpah. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Folat (B9): Banyak folat ditemukan pada alpukat. Folat memiliki peran penting untuk fungsi sel normal dan pertumbuhan jaringan. Senyawa ini juga penting bagi wanita hamil.
  • Vitamin K1: Vitamin ini berperan penting dalam pembekuan darah dan mungkin memiliki manfaat fek menguntungkan pada kesehatan tulang.
  • Kalium: Kalium merupakan mineral penting dalam pengendalian tekanan darah dan kesehatan jantung.
  • Alpukat sebenarnya mengandung lebih banyak mineral bermanfaat ini dibanding pisang.
  • Tembaga: Diet Barat rendah tembaga dan sering tidak termasuk unsur bermanfaat ini. Asupan tembaga yang rendah dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan jantung.
  • Vitamin E: Vitamin ini merupakan antioksidan yang kuat dan seringkali bisa ditemukan pada makanan berlemak yang sangat kaya akan vitamin ini.
  • Vitamin B6: Ini sebenarnya adalah sekelompok vitamin terkait yang bertanggung jawab untuk mengubah makanan menjadi energi.
  • Vitamin C: Ini adalah antioksidan penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

 

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan secara umum

Banyak orang berjuang melakukan kebiasaan diet untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar mengenai berapa buah yang dapat meningkatkan kesehatan. Buah tersebut diantaranya yaitu alpukat.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Amerika serikat pada 17.567 peserta dalam survei NHANES  menunjukkan bahwa konsumen alpukat memiliki tingkat kesehatan jauh lebih baik dibanding orang yang tidak makan alpukat.

Hal ini dikarenakan alpukat memiliki nilai gizi tinggi. Sehingga ia dapat membantu banyak orang untuk mendapatkan asupan nutrisi jauh lebih tinggi. Alpukat juga dapat membantu mengurangi risiko menderita sindrom metabolik, sekelompok gejala yang merupakan faktor risiko utama diabetes dan penyakit jantung.

Orang yang senang memakan alpukat secara teratur dilaporkan dapat menurunkan berat badan dan memiliki BMI lebih rendah, dan secara signifikan lebih sedikit lemak perut. Namun demikian, sekali lagi, hasil ini tidak menjamin bahwa alpukat adalah penyebab sebenarnya perbaikan kesehatan.

2. Mengurangi gejala arthritis (radang sendi)

Ada banyak jenis arthritis, dan ini sering merupakan masalah kronis yang dialami orang selama sisa hidup mereka. Minyak alpukat dan minyak kedelai terutama digunakan untuk menekan dan akhirnya mengobati gejala pada orang yang menderita radang sendi. Menurut beberapa penelitian, suplemen ini telah dilaporkan mengurangi gejala radang sendi, terutama di daerah lutut dan pinggul.

3. Makan alpukat bisa turunkan kolesterol dan tingkat trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab paling umum kematian di dunia. Beberapa penanda darah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yaitu kolesterol, tekanan darah, trigliserida, inflamasi, dan banyak lainnya.

Alpukat telah diuji dan dipelajari pada delapan manusia sebagai relawan untuk  engetahui efeknya terhadap faktor risiko ini.

Dalam studi ini dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana satu kelompok diinstruksikan untuk makan alpukat, sedangkan yang satu lagi dilarang memakannya. Hasilnya adalah memberi wawasan tentang apa yang terjadi pada tanda darah pasien dari waktu ke waktu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat memiliki kemampuan untuk :

  • Mengurangi kadar kolesterol total untuk sebagian besar.
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL) hingga 11%.
  • Turunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 22%.
  • Mengurangi trigliserida darah hingga 20%.

4. Alpukat memiliki kandungan potassium lebih banyak daripada pisang

Manfaat alpukat dapat lebih baik dibanding pisang. Ini karena kandungan kalium dalam buah ini yang lebih banyak.

Kalium atau potassium merupakan nutrisi yang kebanyakan orang umumnya tidak dapat dicukupi. Nutrisi ini memiliki berbagai manfaat penting. Alpukat memiliki potassium yang tinggi, jika dibandingkan dengan pisang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki asupan potasium yang tinggi berpengaruh pada penurunan tekanan darah, ini merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

5. Mengenyangkan dan menurunkan berat badam

Ada beberapa yang salah paham mengenai alpukat ini. Ada orang yang menganggap dengan memakan alpukat akan mengganggu program diet dan penurunan berat badan. Ini adalah anggapan yang yang keliru. Jika seseorang mengkonsumsi alpukat akan membantu Anda merasa lebih kenyang. Pada akhirnya hal ini juga akan mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak dan makan lebih sering.

Sudah jelas bahwa alpukat dapat dijadikan sebagai suplemen yang sangat baik untuk diet penurunan berat badan yang lebih efektif. Selain itu, yang membuat alpukat dapat menurunkan berat badan adalah karena alpukat memiliki serat yang tinggi, rendah karbohidrat, dan tidak menaikkan kadar gula darah.

6. Melindungi Penglihatanmu

Alpukat mampu menyediakan kebutuhan antioksidan untuk tubuh. Beberapa jenis antioksidan yang ditemukan pada alpukat yaitu Lutein dan Zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini berperan penting untuk kesehatan mata dan penglihatan.

Beberapa penelitian telah menunjukan hasil bahwa antioksidan tersebut memiliki peran menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula, hal ini sering terjadi pada orang tua. Namun, dengan mengkonsumsi alpukat akan memberi manfaat bagi tubuh dalam jangka waktu lama.

7. Alpukat Bermanfaat bagi ibu hamil

Alpukat adalah salah satu makanan yang baik bagi ibu hamil. Buah ini mengandung nutrisi penting bagi ibu hamil, yaitu asam folat. Senyawa ini berperan penting dalam mencegah cacat lahir. Vitamin B sangat penting dan ini mengapa para dokter merekomendasikan alpukat dalam jumlah tinggi sebelum dan pada saat masa kehamilan. Alpukat mengandung sekitar 45 mcg folat per setengah cangkir. Terntu ini lebih dibanding buah lainnya.

Vitamin K merupakan nutrisi berharga bagi ibu hamil. Beruntung bagi calon ibu, hal itu juga ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada alpukat. Kekurangan vitamin K menyebabkan pendarahan, atau VKDB, yaitu kondisi dimana bayi yang baru lahir tidak dapat berhenti berdarah karena darahnya tidak mengandung cukup vitamin K. Mengkonsumsi lebih banyak buah yang mengandung vitamin K selama kehamilan Anda dapat membantu Anda meneruskannya lebih banyak ke anak Anda yang belum lahir.

8. Melindungi hati dari penyakit

Senyawa organik dalam buah alpukat dapat meningkatkan kesehatan hati. Hal ini akan berdampak mengurangi kerusakan hati. Penyebab utama kerusakan hati umumnya Hepatitis C. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa alpukat berperan dalam melindungi hati.

Berikut ini adalah alasan mengapa Alpukat dianggap makanan sehat untuk hati :

  • Bagi penderita penyakit hati berlemak, alpukat dapat membantu karena mengandung lemak sehat yang dapat memperbaiki kolesterol. Caranya yaitu dengan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).
  • Alpukat memiliki kemampuan untuk memproduksi glutathione, sejenis antioksidan yang bertanggung jawab untuk menyaring zat berbahaya dari hati dan melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Mereka yang menderita penyakit hati kronis sering ditemukan rendah glutathione. Mengonsumsi alpukat pasti akan meningkatkan kadar glutathione di tubuh.
  • Alpukat juga kaya akan vitamin C dan E, yang menetralisir radikal bebas. Dengan menetralkan radikal bebas berbahaya, alpukat dapat melindungi sel hati dari kerusakan.
  • Alpukat terkenal memiliki anti-inflamasi. BUah ini mengandung Vitamin E dan K, dua nutrisi yang mengurangi peradangan seluler. Peradangan sel hati didahului oleh cedera sel. Sifat anti-inflamasi alpukat akan mejaga kesehatan.

9. Menjaga mulut agar tidak bau

Memakan buah alpukat dapat mengembalikan kesegaran dalam napas. Banyak orang yang mencoba menghilangkan bau mulut akibat gangguan pencernaan atau sakit perut. Halitosis adalah penyebab utama bau mulut, namun bisa dihilangkan dengan memperbaiki kesehatan pencernaan.

Seperti yang sudah disebutkan, alpukat memiliki sifat antibakteri dan antioksidan flavonoid. Kandungan tersebutlah yang akan menyingkirkan bau mulut karena mereka memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri di mulut. Selain ituu, alpukat juga dikaitkan dengan pencegahan kanker mulut.

10. Mencegah kekurangan vitamin K

Kekurangan vitamin K bukanlah masalah kesehatan yang umum terjadi. Apabila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan pendarahan. Masalah ini sebagian besar disebabkan oleh asupan Vitamin K yang tidak mencukupi selama kehamilan.

Memasukkan alpukat ke dalam makanan seorang wanita hamil akan mengurangi risiko terkena pendarahan karena kekurangan vitamin K pada anak yang baru lahir. Hal ini karena alpukat adalah buah langka yang mengandung vitamin K. Dalam satu porsi alpukat mengandung 40% kebutuhan vitamin K sehari-hari.

11. Membantu memiliki umur yang panjang

Alpukat adalah salah satu buah yang berhubungan dengan penuaan dan umur lanjut. Ini karena alpukat memiliki senyawa yang mampu meregenerasi sel-sel pada tubuh. Salah satu senyawa ampuh ini adalah xanthophyll, yang merupakan antioksidan kuat. Menurut sebuah penelitian, konsumsi xanthophyll cenderung mengurangi tanda-tanda proses penuaan.

12. Bagus untuk tulang

Alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein. Senyawa ini memiliki peran dalam dengan penurunan risiko cacat tulang rawan – gejala osteoarthritis. Asupan makanan seperti alpukat, kedelai, atau keduanya dapat membantu menurunkan risiko osteoartritis. Sebuah studi yang menguji pengaruh alpukat terhadap osteoarthritis menunjukkan bahwa 300 mg suplemen alpukat atau kedelai memiliki manfaat bagi pasien dengan osteoartritis pinggul atau lutut. Selanjutnya, kadar mineral penting dalam alpukat sangat penting yaitu termasuk fosfor, tembaga, seng, dan jumlah jejak selenium dan kalsium. Berkat semua senyawa ini, risiko osteoporosis berkurang dan perbaikan kepadatan mineral tulang datang sebagai konsekuensi alami.

13. Membantu menyembuhkan luka

Buah yang memiliki rasa lezat ini,  ternyata manfaat alpukat ini juga dapat digunakan sebagai sumber perbaikan yang sangat baik untuk kulit kering, pecah-pecah, atau rusak, alpukat juga bisa menyembuhkan luka di sekujur tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, alpukat telah disarankan untuk menyembuhkan luka pada tikus. Sebelumnya, tikus dibagi menjadi empat kelompok lima dan menerima pengobatan topikal atau oral. Efeknya, penyembuhan sempurna nampak pada tikus yang menerima jenis pengobatan.

14. Memiliki kandungan yang tinggi serat

Alpukat mengandung sekitar enam atau tujuh gram serat per setengah buah. Sementara dosis yang dibutuhkan setiap orang berbeda, biasanya disarankan untuk wanita afar mengkonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan pria sekitar 38 gram.

Makan satu buah alpukat berarti seseorang akan mendapatkan sekitar setengah dari jumlah serat yang dibutuhkan wanita setiap hari dan sekitar sepertiga dari kebutuhan serat yang dibutuhkan pria. Banyak orang tahu bahwa serat membantu menjaga usus dan mengurangi risiko sembelit.

15. Alpukat bagus untuk kulit

Alpukat memiliki jumlah yang tinggi lemak, namun ini adalah jenis lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat. Lemak yang tidak sehat adalah lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri.

Lemak baik dalam alpukat dapat melindungi kulit. Lemak tak jenuh ganda menjaga kulit agar terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan pembengkakan. Lemak tak jenuh tunggal akan menjaga lapisan atas kulit agar tetap sehat dan terlindungi dari keriput dini.

Alpukat juga memiliki beberapa vitamin yangdiantaranya yaitu vitamin C dan E. Kedua vitamin ini akan melindungi sel kulit dengan menjaga agar kulit tetap terhidrasi. Banyak orang menggunakan masker alpukat untuk wajah karena mengandung begitu banyak lemak dan minyak bagus untuk kulit. Untuk mendapatkan khasiat alpukat yang satu ini , Anda juga dapat mengkonsumsi buahnya secara langsung.

16. Dapat meningkatkan mood

Alpukat emiliki kandungan folat yang tinggi, senyawa ini termasuk dalam jenis vitamin B. Anda mungkin pernah mendengar bahwa wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi folat yang cukup dalam makanan mereka. Namun, selain itu folat ternyata juga bagus untuk mengatur suasana hati.

Homocysteine terbentuk secara alami di dalam tubuh, namun terlalu banyak zat ini akan menghambat produksi serotonin dan dopamin; Bahan kimia ini mengatur suasana hati, sekaligus mendorong tidur nyenyak di malam hari.

Folat dalam alpukat membantu mencegah jumlah homocysteine berlebihan terbentuk di tubuh sehingga tubuh dapat menghasilkan serotonin dan dopamin. Sehingga hal ini juga akan berpengaruh terhadap menurunya tingkat depresi.

Mampu tidur nyenyak dan teratur juga bisa berarti suasana hati yang lebih sehat dan bahagia, karena akan merasa tidak lelah dan lebih banyak energi setelah tidur nyenyak.

 

Meskipun manfaat alpukat unutk kesehatan sangat banyak, Anda harus mempertimbangkan efek sampingnya dan berhati-hati dengan asupan alpukat harian Anda. Jika Anda sedang menjalani diet rendah kalori, maka harus menghindari makan alpukat dalam jumlah tinggi karena ini adalah makanan berkalori tinggi.

Apabila Anda ingin menjadikan alpukat sebagai makanan sehari-hari, maka disarankan agar makan buah ini sebanyak setengah atau satu buah saja per hari. Tingginya jumlah kalori yang dimiliki buah ini, sehingga makan lebih dari satu alpukat per hari dapat menyebabkan gejala berbahaya bagi tubuh. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa mual dan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *