10 Manfaat Buah Naga Yang Menakjubkan

Posted on

Buah naga merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah namun juga ditanam dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand dan Vietnam. Diperoleh dari beberapa spesies kaktus, tangkai sukulennya menghasilkan buah yang unik dan lezat dengan kelembaban di iklim kering dimana tumbuh. Selain itu manfaat buah naga juga cukup banyak untuk kesehatan dan kecantikan.

Beberapa buah naga memiliki kulit berwarna merah atau kuning dan daging buah berwarna putih atau merah. Buah naga memiliki banyak biji kecil berwarna hitam dan dapat dimakan. Rasanya agak manis, seperti campuran buah kiwi dan pir, dan rasanya memiliki tekstur yang renyah.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Meskipun pada awalnya terasa agak aneh, sangat mudah untuk mendapatkan buahnya. Cukup iris memanjang dan baik sendok keluar daging, atau kuartal itu dan mengupas kulit kasar. Makan hanya bagian putih dengan biji, lepaskan sisa bagian pink, yang pahit.

Buah naga memiliki jumlah fitonutrien yang mengejutkan. Kaya akan antioksidan, mengandung vitamin C (setara dengan 10 persen dari nilai harian), asam lemak tak jenuh ganda (baik), dan beberapa vitamin B untuk metabolisme karbohidrat, juga karoten dan protein. Kalsium hadir untuk tulang dan gigi yang kuat, besi dan fosfor untuk pembentukan darah dan jaringan sehat. Manfaat direalisasikan dalam beberapa cara, mulai dari sistem kekebalan tubuh yang diperkuat dan penyembuhan luka memar dan luka yang lebih cepat hingga masalah pernafasan yang lebih sedikit.

Buah naga memiliki nol karbohidrat kompleks, sehingga makanan bisa lebih mudah dipecah dalam tubuh, dibantu oleh vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B lainnya. Penangkaran fitokimia, yang digunakan sebagai obat untuk mengobati masalah jantung, hadir dalam buah itu sendiri, dan minyak di benih beroperasi sebagai pencahar ringan.

Benih buah naga mengandung lemak tak jenuh ganda (asam lemak omega-3 dan omega-6) yang mengurangi trigliserida dan menurunkan risiko gangguan kardiovaskular. Mengonsumsi buah naga dapat membantu tubuh menjaga fungsi normal seperti membersihkan tubuh dari logam berat beracun dan meningkatkan penglihatan. Likopen, yang bertanggung jawab untuk warna merah pada buah naga, telah terbukti terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat buah naga berikut ini.

1. Memiliki kolesterol yang rendah

Buah naga memiliki jumlah kolesterol sangat rendah, yang pada akhirnya membantu tubuh memecah buah ini dengan cepat, membuat seseorang menjadi bahagia dan sehat. Buahnya sempurna untuk mempertahankan berat badan dan memuaskan gigi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Pola makan dan aktifitas yang tidak sehat dapat menimbulkan masalah kardiovaskular. Untungnya, buah ini memiliki adidaya yang menakjubkan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar yang baik. Buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, membantu jantung tetap dalam kondisi prima dan tetap sehat.

3. Kaya akan serat sehingga bagus untuk pencernaan

Untuk membersihkan sistem pencernaan, makan buah naga. Mereka memiliki kandungan serat tinggi, yang dapat membantu pencernaan yang buruk dan sembelit. Mengonsumsi daging dan biji-bijian, yang mengandung protein bagus, akan menjaga tubuh.

4. Antioksidan aktif

Untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas dan sifat penghasil kanker, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Percaya atau tidak, buah naga memberi acai berries kabur uang mereka.

5. Melawan diabetes

Tingginya jumlah serat pada buah naga akhirnya dapat membantu mengatur diabetes, karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan menekan lonjakan gula. Namun, dengan perubahan atau modifikasi diet apapun, selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan ini adalah makanan yang baik untuk Anda.

6. Mengurangi tanda penuaan

Mengonsumsi buah naga dengan antioksidannya yang kaya bisa menjaga kulit tetap kencang dan muda. Anda bahkan bisa membuat masker wajah dengan menggunakan buah yang dikombinasikan dengan madu sebagai alternatif alami untuk masker anti penuaan.

7. Menghindari Jerawat

Perawatan menggunakan buah naga tidak hanya untuk remaja. Buah naga kaya akan vitamin C.  Ambilah sepotong buah naga ke dalam pasta dan oleskan ke daerah yang memerah pada wajah atau kulit, lalu bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.

8. Menghindari dari kulit terbakar sinar matahari

Dengan menggabungkan buah naga dengan jus mentimun dan madu, Anda bisa membuat senyawa seperti lidah buaya yang bisa menenangkan kulit yang terbakar. Berlebihan pada vitamin B3, buah naga bisa melembabkan kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terkena.

9. Mengobati rambut berwarna

Jus buah naga adalah agen yang sangat baik untuk merawat rambut berwarna. Dengan hanya memasukkan jus buah naga di kulit kepala. Inin bisa melindungi rambut yang diolah secara kimiawi atau berwarna. Ini akan membuat folikel rambut tetap terbuka, membiarkan rambut Anda bernafas dan tetap sehat dan mulus.

10. Menekan Arthritis

Arthritis secara langsung mempengaruhi sendi dan menyebabkan iritasi dan imobilitas parah. Menambahkan buah naga ke makanan Anda dapat membantu Anda melawan penyakit ini. Manfaat buah naga untuk orang-orang yang menderita radang sendi sangat hebat sehingga sering disebut sebagai “buah anti-inflamasi.”

Bagaimana Cara Membuat Buah Naga Menjadi Makanan Harian?

Lelah dengan makan apel atau pisang sehari-hari? Silakan, ambilah buah naga yang eksotis ini karena sangat bagus itu harus dilarang. Buah naga sangat mudah dimakan sehingga yang dibutuhkan hanyalah sendok untuk mengkonsumsinya. Atau, dapat juga dengan mudah menggigitnya langsung dari kulit. Satu buah naga akan cukup sebagai camilan.

Ingat saja, meskipun mereka terlihat cantik di meja Anda, mereka lebih dari sekadar hiasan sederhana. Menuai manfaat buah naga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *