10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Posted on

Semangka merupakan salah satu buah menyegarkan. Buah ini dapat dimakan secara langsung, bisa juga dijadikan sup buah maupun jus buah semangka. Kesegaran buah ini lebih terasa saat tubuh merasa haus dan panas. Walau begitu, manfaat buah semangka masih banyak tidak hanya memberikan kesegaran.

Tanaman semangka merupakan jenis tanaman merambat. Untuk buahnya berbentuk bulat dengan pola bergaris. Kulit buahnya berwarna hijau, sedang untuk daging buahnya yaitu merah atau kuning. Manisnya buah semangka juga dapat menyegarkan.  Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi, diantaranya yaitu vitamin C, vitamin A serta kandungan menyehatkan lainnya.

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

1. Mengandung Antioksidan

Jumlah antioksidan yang tidak seimbang dapat mengakibatkan stres oksidatif. Stres oksidatif ini tidak dapat dihindari, namun ada beberapa cara untuk mengurangi efek yang dialami proses ini. Jenis stres ini terkait dengan kerusakan DNA, protein, dan membran. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengonsumsi makanan yang tepat dan menjaga tubuh tetap sehat untuk menghindarinya.

Salah satu cara mengurangi stres oksidatif yaitu dengan mengonsumsi antioksidan. Studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi buah tertentu, seperti semangka. Semangka dapat mengurangi jumlah kerusakan oksidatif karena mengandung antioksidan.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah masalah kesehatan yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit fatal lainnya jika tidak diobati.

Semangka adalah buah yang kaya akan citrulline. Senyawa ini merupakan asam amino yang diubah menjadi arginine dalam tubuh. Citrulline dan arginine membantu dalam produksi oksida nitrat, sehingga membantu merilekskan dan melebarkan pembuluh darah.

Ketika pembuluh darah melebar, maka lebih banyak darah yang bisa lewat dengan bebas. Pada akhirnya akan menyebabkan tekanan darah rendah dan kurang berisiko terkena stroke dan infark jantung. Selain itu, karotenoid dalam semangka dapat mencegah pengerasan arteri dan vena, sehingga membantu mengurangi risiko pembekuan darah dan aterosklerosis.

3. Semangka dan gangguan ginjal

Sebenarnya, semangka mengandung kalsium dan kalium berlimpah. Masing-masing nutrisi ini membantu dalam membuang racun ke dalam ginjal tubuh. Kalsium dalam semangka penting untuk mengatur fungsi sel, menjaga struktur sel, dan memberi manfaat pada proses diferensiasi sel. Tambahan kalsium juga membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah.

Terlalu banyak asam urat dapat menyebabkan hiperurisemia, yang akan membuat seseorang sangat sakit. Dengan mengurangi jumlah tambahan asam ini, kalsium dan potassium dalam semangka membantu mengurangi kemungkinan penyakit ginjal. Meski kedua senyawa ini sangat penting, kita tidak bisa melupakan manfaat air dari buah ini.  Tingginya kandungan air dalam semangka sering menyebabkan buang air kecil. Hal tersebut akan membantu membersihkan ginjal dan menjaga agar tetap berfungsi dengan baik.

4. Semangka dan kanker

Penelitian saat ini telah menemukan hubungan langsung antara komponen makanan aktif dan pencegahan dan pengobatan kanker. Salah satu senyawa yang paling banyak dipelajari adalah lycopene, senyawa ini nampaknya mengganggu banyak tahap perkembangan kanker.

Lycopene membantu mengurangi pertumbuhan insulin, yang merupakan langkah penting dalam menurunkan prevalensi kanker. Bukti lain menunjukkan bahwa lycopene membantu regresi kanker dengan menargetkan dan mengganggu pertumbuhan sel kanker, apoptosis, metabolisme karsinogen, dan regulasi hormon.

Lycopene ditemukan pada beberapa makanan lain, seperti tomat dan jambu merah muda, ia memiliki peran unik dalam semangka karena buah ini telah tersedia lycopene cis-isomerik. Dengan potensi antioksidan yang luar biasa dari semangka dan dampak lycopene, semua faktor membuat buah yang menakjubkan ini menjadi makanan melawan kanker yang lebih baik lagi.

5. Semangka dan Kesehatan Jantung

Penyakit kardiovaskular menyebabkan banyak kematian. Salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular adalah kadar kolesterol, khususnya rasio kepadatan rendah dan kepadatan tinggi lipoprotein. Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa peningkatan kolesterol LDL 10 mg / dL dikaitkan dengan peningkatan risiko CVD 12%, menunjukkan pentingnya mempertahankan kadar kolesterol LDL yang rendah dan tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi.

Banyak peneliti dan ilmuwan sama-sama sepakat bahwa kadar kolesterol LDL merupakan prediktor independen yang kuat terhadap penyakit jantung koroner, terutama bagi pasien diabetes tersebut. Akibatnya, pengurangan rasio LDL akan mengurangi risiko penyakit jantung terkait. Lycopene yang ditemukan dalam semangka telah terbukti menjadi senyawa efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tersebut. Dalam sebuah penelitian, ilmuwan memberi makan 60 mg lycopene per hari selama tiga bulan. Mereka menemukan bahwa kadar LDL plasma pria menurun rata-rata sebesar 14%.

6. Manfaat untuk degenerasi makula

Kesehatan mata yang memburuk datang seiring bertambahnya usia, namun banyak tindakan sederhana dapat dilakukan untuk mencegah degenerasi mata dini termasuk penyakit mata yang tidak menguntungkan. Banyak penelitian berfokus pada peran karotenoid dan vitamin dalam kesehatan mata. Seperti yang biasa diketahui, vitamin A adalah vitamin utama yang bermanfaat dalam membantu mata kita tetap sehat. Kekurangan vitamin vital semacam itu bisa menyebabkan degenerasi makula dan xerophthalmia. Bukti telah menunjukkan, bagaimanapun, bahwa provitamin A karotenoid dalam makanan sebenarnya dapat mencegah konsekuensi semacam itu terjadi dengan menghilangkan spesies oksidatif reaktif.

Selain itu, penelitian in vitro pada sel epitel lensa manusia menunjukkan bahwa penambahan likopen, karotenoid yang ditemukan pada semangka, membantu mencegah vacuolisasi sel epitel secara signifikan, yang menyebabkan kesehatan mata lebih baik dan sedikit risiko penyakit mata, seperti katarak.

Karena semangka kaya akan karotenoid dan antioksidan seperti itu, obat ini merupakan obat sempurna untuk mencegah degenerasi makula.

7. Pencegahan Asma dengan Semangka

Pada sistem pernafasan yang normal, hidung dapat menghirup serta membersihkan udara. Pada saat melakukan latihan fisik, seseorang akan bernafas lebih kencang, cepat dan keras dari mulut, hal ini mengakibatkan udara yang masuk ke paru-paru kita lebih dingin serta lebih kering dari biasanya.

Penderita asma memiliki bronkus yang sensitif terhadap udara kering, akibatnya bronkus membengkak, sehingga tidak dapat bernafas seperti biasnyanya dan asma menjadi kambuh. Orang tanpa asma, tidak memiliki bronkus yang sensitif  sehingga tidak bereaksi berlebihan saat bersentuhan dengan udara dingin dan kering.

Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa mungkin ada kaitan antara konsumsi nutrisi tertentu dan risiko seseorang terhadap asma. Salah satu nutrisi yang dimaksud adalah asam askorbat, atau vitamin C. Telah banyak uji yang telah dilakukan untuk menentukan apakah vitamin C membantu melindungi saluran napas pada orang dengan asma akibat olahraga. Untuk hasilnya bervariasi, jadi tidak ada bukti konklusif yang bisa ditentukan.

Meskipun penelitian belum menemukan jawaban yang signifikan secara statistik, banyak pasien dalam studi tersebut mendapatkan manfaat dari terapi pengobatan vitamin C, namun walaupun kami belum menemukan jawaban, vitamin C dapat membantu mengobati atau mencegah asma.

8. Semangka untuk pencernaan

Semangka memiliki manfaat bagi pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang paling umum adalah sembelit. Sembelit ditandai dengan yang pengeluaran feses lambat, feses keras, dan kesulitan buang air besar. Sejumlah faktor penyebab sembelit ada banyak, misalnya pengobatan, kekurangan asupan serat, pola makan yang buruk, dan penyakit.

Minum banyak air setiap hari dapat menghilangkan masalah yang merugikan bagi pencernaan. Cairan pada makanan akan diserap oleh usus, namun jika tidak cukup cairan yang dapat diserap, masalah seperti konstipasi dan masalah pencernaan lainnya dapat terjadi.

Semangka memiliki kandungan air dan serat yang kaya, buah juicy ini dengan mudah membantu meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat. Meski kami tekankan bahwa ada lebih banyak untuk semangka daripada hanya air, kandungan air buah ini tetap penting.

9. Semangka menurunkan berat badan
Semangka terdiri dari banyak air. Namun, manfaat semangka tidak haya itu saja. Semangka ternyata memiliki pengaruh terhadap berat badan.

Buah ini memiliki kadar citrulline yang tinggi. Senyawa ini dapat memproses asam amino kemudian mengubahnya menjadi asam amino lain, yaitu arginine. Aktivitas metabolisme enzim ini dapat membantu mencegah kelebihan akumulasi lemak di sel lemak. Para peneliti telah menemukan bahwa arginine dapat merangsang lipolisis dan ekspresi beberapa gen yang bertanggung jawab untuk oksidasi asam lemak. Semakin banyak asam lemak yang teroksidasi menjadi karbon dioksida dan air, semakin banyak tubuh Anda juga mengurangi jumlah lemak tubuh.

Walau begitu, penelitian lebih lanjut harus tetap dilakukan secara khusus untuk membuktikan peran arginine dalam membantu mengurangi lemak tubuh. Tidak ada salahnya untuk memakan semangka, untuk mencukupi kebutuhan arginin.

10. Semangka Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah jeruk terkenal banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini memiliki manfaat dalam membantu melawan flu biasa. Namun tahukah Anda bahwa buah semangka juga mengandung sejumlah vitamin C. Saat kita terinfeksi penyakit atau berada di bawah banyak tekanan, konsentrasi vitamin C dalam plasma dan leukosit akan cepat menurun.

Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel antimikroba dan sel pembunuh alami serta proliferasi limfosit, yang merupakan jenis sel darah yang dibutuhkan selama infeksi dan penyakit.

Semangka adalah buah tambahan yang menyediakan kaya vitamin C untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *