13 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Saat ini, banyak orang yang beralih dari obat-obatan kimia ke bahan herbal alami. Salah satunya yaitu daun sirsak. Saat ini semakin banyak orang yang sudah menyadari bahwa obat-obatan kimia yang tersedia di pasaran dapat memiliki dampak yang lebih besar dibanding bahan alami. Bahan alami seperti daun sirsak lebih aman untuk mengatasi masalah kesehatan.

Sirsak sebenarnya adalah tanaman buah yang banyak ditemukan di hutan Amerika Selatan, kawasan Karibia, Afrika, dan Asia Tenggara. Buah sirsak cukup menarik. Bauh ini dikenal memiliki aroma yang kuat dan memiliki rasa asam manis. Buah sirsak kaya dengan manfaat. Buah ini terkenal kaya dengan anti oksidan dan anti kankernya selain menjadi keuntungan bagi kulit, rambut dan kesehatan manusia.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker

Semua bagian dari tanaman sirsak memiliki manfaat. Bagian yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya. Daun sirsak diketahui mengandung beberapa senyawa langka seperti squamosin, asimisin dan bulatacin yang membantu tubuh manusia menyerang sel kanker dan menghancurkannya bersama-sama. Daun ini sering diteliti dan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

 

Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

1. Manfaat Sirsak untuk Kulit

Sirsak diketahui memiliki antiseptik dan berkhasiat sebagai obat yang diketahui bermanfaat untuk kulit dan rambut. Sifat antiseptik dalm daun sirsak membantu mengobati bisul dan ruam pada kulit. Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak membuatnya menjadi daun yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa penyakit paling mematikan diobati dengan cara menggunakannya.

Anda dapat mengambil manfaat dari sirsak secara maksimal dengan cara mengkombinasikannya dengan air mawar. Oleskan ke seluruh kulit kemudian Anda akan segera menemukan kecenderungan komedo dan ruam pada kulit akan berkurang drastis.

2. Manfaat Sirsak untuk Rambut
Daun sirsak diketahui bermanfaat untuk rambut. Daun ini dapat digunakan untuk menyingkirkan kutu dan ketombe dari kulit kepala. Dengan mencuci rambut menggunakan ramuan daun sirsak diketahui dapat membantu mencegah rambut dari uban dan ketombe.

 

Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

1. Bermanfaat untuk Mengobati Kanker

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada Journal of Medicinal Chemistry oleh Cancer Centers of America tahun 1997, senyawa kimia yang terkandung di dalam daun sirsak ternyata memiliki efek yang lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi dalam mengatasi pertumbuhan sel kanker. Sekitar 12 jenis kanker yang berbeda dapat dilawan dengan baik dengan konsumsi daun sirsak. Jenis kanker ini termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat dan lain-lain.

Penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak memilki kemampuan 10.000 kali lebih efektif dalam melawan dan menghambat pertumbuhan kanker dibanding perawatan jenis lainnya. Tidak hanya dalam melawan pertumbuhan sel kanker, tapi daun isrsak juga membantu dalam mengatasi efek samping kemoterapi, daun ini sangat efektif. Aspek yang paling menguntungkan dari ramuan alami ini adalah bahwa ia tidak memiliki efek berbahaya pada sel sehat tubuh. Daun sirsak dapat direbus menggunakan air, kemudian penderita kanker diberi ramuan ini dua kali sehari selama sekitar dua minggu.

2. Manfaat Daun Sirsak dalam Mengobati Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi. Jika tidak diatasi, hipertensi dapat menyebabkan masalah jantung. Pada wanita hamil yang menderita masalah ini, maka hal ini dapat menyebabkan kematian bayi. Ramuan alami daun sirsak sangat bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi kembali normal secara alami, tanpa efek samping.

3. Daun Sirsak Bermanfaat untuk Mengatasi Osteoporosis, Nyeri dan Penyakit Rematik

Salah satu fenomena yang sangat alami adalah nyeri punggung atau nyeri di bagian tubuh lain. Masalah ini dapat disebabkan karena mengalami osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Daun sirsak memiliki kalsium dan fosfor sangat tinggi. Oleh karena itu, daun sirsak dapat dengan mudah mencegah masalah tulang seperti osteoporosis.

4. Manfaat Daun Sirsak dalam Mengobati Asam urat

Kebanyakan orang akan mengalami masalah tulang, yaitu asam urat. Untuk mengatasi asam urat, Anda dapat mengkonsumsi ekstrak daun sirsak. Untuk membuat ramuannya, ambil 6 sampai 10 daun sirsak kemudian dibersihkan dan dicuci bersih. Potong atau robek sehingga menjadi bagian yang kecil-kecil. Rebus daunnya dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih, biarkan sampai airnya sisa 1 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari. Ini sangat bagus dalam mengurangi asam urat, yang merupakan akar penyebab asam urat, di dalam tubuh.

5. Manfaat Daun Sirsak dalam Mengobati Gangguan Darah

Daun sirsak memiliki kadar besi yang tinggi. Jika daun ini digunakan untuk membuat teh atau ramuan yang dikonsumsi setiap hari, maka akan dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan darah seperti anemia. Konsumsi ramuan daun sirsak untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

6. Daun Sirsak Membantu Mengatasi Stress dan Susah Tidur

Seseorang yang mengalami stres berat dan susah tidur, dapat mengkonsumsi daun sirsak dapat dengan mudah untuk tidur. Daun sirsak memiliki kandungan Trytophan, yang merupakan senyawa kimia yang dapat secara efektif membantu untuk mendapatkan tidur dengan baik. Daun sirsak ini bisa digunakan untuk aromaterapi dan mereka bisa menanamkan sifat Tryophan di tubuh, sehingga meningkatkan keinginan untuk tidur.

7. Daun Sirsak Dapat Membantu Meningkatkan Kekebalan

Annoheksocin, annocatalin, linoleic acid dan anomurine dll merupakan beberapa kunci yang dapat melawan penyakit menyerang dan melindungi tubuh dari penyakit. Daun sirsak memiliki unsur-unsur ini dalam kelimpahan dan karenanya, mereka bekerja sebagai pendorong imunitas yang menakjubkan. Minum ramuan daun sirsak sekitar sebulan akan menunjukkan sistem imunitas tumbuh lebih baik.

8. Daun Sirsak Membantu Melawan Infeksi

Mereka yang telah berulang kali menderita penyakit karena virus dan bakteri, dapat diuntungkan dengan sifat antibakteri dan anti-virus yang dimiliki daun sirsak. Ramuan-ramuan dari daun sirsak jika dikonsumsi secara teratur akan membantu dalam penyembuhan yang lebih cepat, serta membuat kekebalannya lebih kuat.

9. Manfaat Daun Sirsak untuk Menurunkan Suhu Tubuh

Daun sirsak bisa juga digunakan sebagai bahan pengobatan alami untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk mengobati demam dan mengurangi suhu tubuh, Anda dapat menambahkan daun sirsak ke air mandi. Orang-orang di negara Afrika menggunakan daun sirsak dalam air mandi untuk menjaga suhu tubuh tetap rendah.

10. Manfaat Daun Sirsak dalam Mengobati Diabetes

Obat alami dan tanpa efek samping untuk menjaga kadar gula dan gula darah adalah dengan mengkonsumsi ramuan ramuan sirsak setiap hari.  Manfaat daun sirsak yaitu dapat menurunkan kadar gula darah atau penderita diabetes. Diabetes adalah peningkatan kadar gula dalam tubuh. Kini terlalu banyak obat kimia atau obat lain yang memanfaatkan daun sirak sebagai bahan utama untuk dijadikan obat.

Dapat disimpulkan bahwa manfaat daun sirsak sangat beragam, bahkan manfaat yang bisa diambil tidak hanya melalui buahnya, namun juga daun sirsak. Pastinya buahnya cukup baik untuk dikonsumsi, sementara daunnya harus digunakan untuk mencegah penyakit dan masalah kesehatan, kulit dan rambut.

11. Mengobati Sakit Diare

Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditandai adanya peningkatan frekuensi buang air besar dan tinja dalam bentuk cair. Diare banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini menempati peringkat ketiga belas sebagai penyebab kematian di Indonesia. Penyebab terkena diare ada beberapa faktor, diantaranya karena infeksi bakteri Escherischia coli. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak methanol dalam daun sirsak dapat mencegah tumbuhnya bakteri termasuk Escheriscia coli ini.

12. Menurunkan Kolesterol

Daun sirsak memiliki senyawa anti-hiperlipidemia yang membantu menurunkan kadar lemak jahat(LDL) atau kolesterol serta meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol jahat mampu menembus dinding arteri dan menimbulkan plak pada pembuluh darah (dikenal dengan sebutan atherosclerosis). Atherosclerosis ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko terkena jantung koroner.

13. Mengobati Penyakit Hepatitis

Kesehatan organ hati dapat dijaga menggunakan daun sirsak. Pasalnya daun ini memiliki senyawa etanol memiliki efek postif pada organ hati. Ekstrak etanol ini mampu melindungi liver dari efek radikal bebas dan racun. Di Ghana, daun ini telah lama dipakai sebagai ramuan untuk membersihkan dan mengobati macam-macam masalah kesehatan yang menyerang organ hati seperti jaundice atau yang lebih dikenal seagai penyakit kuning. Perlu diketahui bahwa penyakit ini disebabkan virus hepatitis.

Penyakit hepatitis akan menyebabkan kulit dan sclera mata berwarna kuning. Ini dikarenakan tingginya kadar bilirubin pada darah. Disebutkan juga dalam penelitian bahwa ekstrak daun sirsak dapat menurunkan kadar bilirubin darah pada penderita hepatitis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *