15 Manfaat Madu Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Posted on

Madu merupakan salah satu makanan yang sehat. Manfaat madu amat banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ini karena madu merupakan obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit dengan menakjubkan. Penggunaan madu ini sudah berlangsung sejak zaman kuno, dimana madu ini dimanfaatkan sebagai anti bakteri dan anti jamur.

Madu dapat digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula. Selain itu, nilai tambahnya yaitu untuk kebutuhan nutrisi serta kesehatan kita. Setiap satu sendok makan madu memiliki sekitar 64 kalori. Jumlah ini tanpa ada lemak atau kolesterol.

Manfaat madu yang luar biasa ini tentunya karena kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan madu lainnya yaitu vitamin, asam amino, dan mineral seperti kalsium, besi, natrium klorin, magnesium, fosfat, dan potassium. Karena tingkat  pH asam (sekitar 3,2 sampai 4,5), sehingga membantu mengurangi pertumbuhan bakteri. Selain itu sifat antioksidan dari madu membantu menghilangkan radikal bebas.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Bagaimana cara pembuatan madu?

Untuk menghasilkan satu pon madu, maka dibutuhkan jumlah lebah sekitar 60.000 ekor yang bepergian ke 2 juta bunga untuk mengekstrak cukup banyak nektar. Pollen atau serbuk sari yang dikumpulkan lebah kemudian disimpan ke dalam perut ekstra. Di dalam perut tersebut, serbuk sari kemudian bercampur dengan enzim. Enzim berfungsi untuk memecah bentuk gula pada polen yang berbentuk disakarida menjadi monosakarida. Hasil dari pengolahan ini kemudian diletakkan ke sarangnya.

1. Membantu mengatasi alergi

Madu memiliki sifat antiinflamasi, sehingga mampu membantu mengurangi gejala alergi. Ia bertindak sebagai vaksin alami karena mengandung sedikit serbuk sari.

Ketika Anda mengkonsumsi madu, maka tubuh akan menghasilkan antibodi. Dengan begitu, tubuh Anda akan membangun pertahanan terhadap alergi dari waktu ke waktu. Ketika sistem kekebalan tubuh berhasil menyerang dan membunuhnya, maka kekebalan akan terbangun pada saat yang bersamaan.

Dengan mengkonsumsi sedikit madu setiap hari (satu sendok teh dianjurkan), tubuh akan membangun kekebalan alami terhadap alergen yang menyebabkan gejala alergi.

2. Memberi energi tambahan untuk beraktifitas

Energi kita pasti bisa berfluktuasi(naik-turun). Ketika energi Anda berkurang, maka bisa memanfaatkan penguat energi alami yaitu madu.

Karena kandungan karbohidrat yang tinggi, madu adalah sumber energi yang belum diproses. Glukosa dan fruktosa menuju aliran darah dengan cepat, ini memberi energi yang Anda butuhkan untuk bergerak. Sertakan madu dengan sarapan Anda setiap pagi untuk memberi energi yang dibutuhkan.

Anda dapat menambahkan sesendok madu untuk secangkir teh panas. Sebaiknya ANda juga mengurangi konsumsi kopi. Terlalu banyak kopi tidak benar-benar memberi energi.

3. Meningkatkan daya ingat

Semakin tua usia, umumnya daya ingat akan menurun. Tentu hal seperti ini tidak diinginkan terjadi pada setiap orang, termasuk Anda. Madu salah satu makanan yang bermanfaat untuk menambah daya ingat.

Antioksidan berperan sangat menakjubkan untuk memberi makan sel-sel otak untuk berkembang. Ada banyak antioksidan yang terkandung di dalam madu, termasuk untuk membantu menjaga otak dalam kondisi prima. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu memori wanita pascamenopause tetap tajam dengan hanya mengkonsumsi satu sendok setiap hari.

4. Meredakan batuk

Flu merupakan salah satu penyakit yang umum menimpa banyak orang. Ketika penyakit ini melanda, Anda dapat mengkonsumsi madu untuk mengurangi batuk.

Madu melapisi tenggorokan dan membuatnya tetap tenang dengan menenangkan ujung saraf yang melindungi tenggorokan. Beberapa dokter percaya bahwa dua sendok makan madu sama efektifnya dengan penekan batuk.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) percaya pada madu sebagai sesuatu yang bersifat meredakan (sesuatu yang mengurangi iritasi atau pembengkakan), yang membantu meringankan batuk karena madu bertindak sebagai film pelindung di atas tenggorokan.

Berikut adalah resep yang bagus untuk sirup obat madu lemon yang pasti akan membantu Anda jika Anda menderita batuk. Siapkan satu lemon dan madu. Lemon sangat hebat dalam membunuh bakteri dan, bersama dengan madu, menenangkan tenggorokan Anda.

  • Untuk membuat ramuan obat batuk ini, cukup ambil panci kecil dan panaskan madu mentah pada tingkat panas rendah. Jangan terlalu panas, karena ini akan mengubah khasiat obatnya.
    Setelah itu, ambil panci kedua dan rebus lemon selama beberapa menit. Ini akan membunuh bakteri yang mungkin ada di kulit lemon dan melembutkan lemon.
  • Setelah lemon dingin, kemudian iris dan tambahkan ke madu hangat di atas kompor.
  • Didihkan ramuan ini selama satu jam dan kemudian saring potongan lemon dari campuran madu.
  • Dinginkan madu, masukkan ke dalam botol, dan dinginkan.

Itu bisa disimpan selama sekitar dua bulan. Jika sudah batuk, makan 1 sdm sampai 4 kali sehari. Anak-anak bisa diberi setengah sendok teh. Jangan beri madu pada bayi di bawah usia setahun karena madu mengganggu sistem pencernaan mereka.

5. Membantu unutk mempermudah tidur

Ada beberapa orang yang mengalami sulit tidur. Hal tersebut dapat membuat kelelahan yang berlebihan. Ketika malam datang, seseorang ini akan merasa gelisah. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana solusi dari masalah ini. Madu dapat mengatasi masalah susah tidur.

Mengapa madu dapat mengatasi susah tidur? Berikut adalah penjelasan sains secara singkat. Madu memiliki rasa yang manis, hal ini menyebabkan kadar insulin dalam tubuh meningkat. Kemudian ini akan melepaskan serotonin neurotransmiter. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin(merupakan bahan kimia yang membantu tubuh tidur).

Selain serotonin, asam amino juga banyak ditemukan pada madu. Asam amino berkontribusi dalam produksi triptofan. Saat tryptophan menuju ke otak, nantinya akan diubah menjadi serotonin dan akhirnya menjadi melatonin.  Jadi dengan mengkonsumsi madu akan membantu tidur lebih nyenyak.

6. Menghilangkan ketombe

Anda memiliki kulit kepala yang gatal? Mungkin ini karena Anda memiliki maslah dengan ketombe. Ketika sedang berjalan, Anda merasa ingin menggaruk kepala. Ini tentu adalah hal yang cukup memalukan.

Para periset telah menemukan bahwa ketika Anda mengoleskan larutan madu yang sudah diencerkan menggunakan air ke kulit kepala dan dibiarkan selama beberapa jam, maka kulit kepala akan kembali sehat dalam waktu singkat. Selain untuk mengatasi ketombe, madu juga dapat menghindarkan seseorang menghindari kerontokan rambut.

Madu bermanfaat sangat baik untuk masalah kulit kepala. Hal nii dikarenakan madu memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi, dan antibakteri.

7. Membantu mengatasi luka dan luka bakar

Madu memiliki sifat antibiotik alami, sehingga dapat membantu mengobati luka dan luka bakar. Caranya cukup oleskan madu dan ini akan membantu mendisinfeksi luka dari beberapa bakteri serius seperti Staphylococcus aureus yang resisten methicillin (MRSA).

Sebelum penisilin mulai populer pada awal abad ke-20, sebenarnya madu telah digunakan sebagai terapi penanggulangan infeksi selama bertahun-tahun. Salah satu jenis madu yang bagus adalah madu manuka. Telah ada penelitian klinis yang dilakukan pada jenis madu ini dan telah ditemukan bahwa lebih dari 250 strain bakteri klinis diobati dengan madu Manuka. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan madu Manuka, madu mentah yang belum diproses dapat membantu luka dan luka bakar sembuh dengan cepat.

8. Membantu mengatasi penyakit herpes

Berurusan dengan herpes dapat membuat seseorang menjadi frustrasi. Terkadang terkena herpes dapat membuat malu. Namun Anda akan lega mendengar bahwa madu dapat mengobati gejala herpes. Madu memiliki kadar gula tinggi, sehingga menekan pertumbuhan mikroorganisme.

Nektar dari lebah mengandung enzim glukosa oksidase. Enzim ini membantu penyembuhan luka karena sedikit hidrogen peroksida dilepaskan, membersihkan luka.

Madu dapat digunakan sebagai obat penyembuhan yang aman dan terjangkau yang tentunya akan menghemat banyak uang untuk resep atau obat bebas yang seringkali disertai efek samping.

9. Berfungsi sebagai pelembab

Untuk seseorang yang menyukai pengobatan alami, madu merupakan ramuan alami yang membantu menjaga kelembaban tangan, kaki, dan seluruh tubuh. Denga khasiat yang dimiliki madu, maka Anda dapat menambahkannya ke shampo, condititoner, dan pelembab. Berikut adalah beberapa penggunaan madu untuk pemlembab.

  • Pelembab Tubuh

Campurkan 5 madu makan, 2 minyak mawar, dan 2 cangkir minyak almond ke dalam botol kemudian kocok
Gunakan pelembab ini sesering yang Anda mau

  • Kondisioner Rambut:

Campurkan ½ cangkir madu dengan ¼ cangkir minyak zaitun extra virgin
Oleskan ramuan ini pada rambut secara merata
Gunakan penutup kepala selama 30 menit dan kemudian keramas seperti biasanya

  • Madu Almond Exfoliating Scrub:

Campurkan 3 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak zaitun extra virgin, dan 6 sendok makan yang hancur almond
Oleskan ke wajah dengan lembut, gosokkan di sekitar, dan bilas dengan air hangat

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk kesehatan. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, Anda akan merasa terangsang dan lebih rentan terhadap penyakit. Dengan mengkonsumsi madu secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki sifat anti bakteri dan antioksidan.

Madu juga dapat membantu membersihkan dan membangun sistem pencernaan. Berikut ini adalah minuman yang memiliki manfaat luar biasa.

  • Sediakan segelas air hangat dan tambahkan ½ jus lemon, kemudian tambahkan satu sendok teh madu.
    Campur dengan baik dan minum.
  • Lakukan ini setiap hari di pagi atau sore hari dalam waktu singkat; Anda harus memperhatikan bahwa Anda merasa lebih energik dan bahkan mungkin kurang stres.

11. Membantu mencegah dan melawan kanker

Madu adalah makanan lain yang bisa membantu mencegah atau melawan kanker. Ini karena madu memiliki sifat pencegahan karsinogen dan dapat membantu melawan pertumbuhan tumor.

Madu memiliki flavonoid dan senyawa fenolik yang merupakan makanan super dan memberinya sifat anti-metastasis yang bisa melawan tumor dan kanker. Lebih khusus lagi, madu memiliki senyawa fenolik: asam gallic, chrysin, asam elegiac, asam p-Coumaric, asam syringic, asam ferulic, dan asam caffeic; Semua senyawa tadi dianggap berkontribusi terhadap penyembuhan sel-sel tubuh.

Bukti madu membantu pencegahan dan penyembuhan sel kanker berkembang dan masih banyak penelitian yang perlu dilakukan, namun temuan awal cukup menjanjikan.

Konsumsi rutin madu mentah dan belum diproses tentu bisa menjadi cara yang mudah dan terjangkau untuk memberi kekuatan pada tubuh untuk mencegah penyakit.

12. Membantu mengatasi masalah jerawat

Usia remaja atau dewasa seringkali mengalami masalah jerawat. Mungkin bagi Anda yang sedang mengalami jerawat dapat mempertimbangkan untuk menambahkan madu ke makanan atau menerapkannya ke daerah kulit yang berjerawat.

Madu mengandung zat yang melembabkan kulit dan memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Ada beberapa cara untuk dapat menggunakan madu sebagai obat pembasmi jerawat.

Cara yang bagus untuk melawan jerawat yaitu dengan mengoleskan madu mentah ke area yang rentan terkena jerawat (biasanya berupa wajah, dada, atau punggung).

13. Mengobati masalah sinus

Bila sinus yang meradang, hal ini bisa menyebabkan jumlah gejala yang mengganggu. Diperkirakan sekitar 31 juta orang mengalami masalah sinus dan banyak uang yang dikorbankan untuk obat seperti itu. Jika Anda pernah mengalami episode sinus yang mengamuk di mana semua yang Anda inginkan adalah mengetuk diri dan tidur, Anda akan menghargai kabar baik itu bisa membantu hal tersebut.

Mulailah untuk mengkonsumsi ½ sampai 1 sendok teh madu setiap hari atau pada saat malam sebelum tidur. Lakukan hal ini dalam beberapa bulan.

Beberapa peneliti yakin ada sesuatu dalam madu yang membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi sinus. Jika demikian, Anda bisa minum antibiotik, yang akan menghemat uang dan menjadi lebih baik.

14. Membantu mengatasi eksim
Bagi Anda yang menderita eksim, madu adalah pengobatan alami. Eksim adalah kondisi kulit pada lapisan luar kulit yang meradang. Diperkirakan bahwa alasan mengapa beberapa orang terkena eksim adalah sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan bisa ringan, sedang, atau parah. Bagi beberapa orang, ini bisa menjadi kondisi yang memalukan dan terkadang bisa terasa menyakitkan.

Jika kulit terkena goresan, infeksi bakteri bisa terjadi. Obat alami yang untuk itu adalah dengan menggunakan campuran madu, kayu manis, dan jus jeruk nipis. Cukup tambahkan satu sendok teh madu ke segelas air hangat lalu tambahkan jus dari setengah lemon. Aduk ini dan minum setiap hari. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke campuran ini jika Anda tidak keberatan dengan rasa pahit cuka.

15. Membantu melawan kolesterol
Kadar kolesterol memang penting, sehingga menemukan solusi mudah untuk menurunkan kolesterol adalah apa yang kita semua suka lakukan. Kolesterol sangat diperlukan dalam tubuh untuk membantu Anda mencerna lemak, tapi terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Pakar kesehatan menganjurkan sekitar 1.000 mg kolesterol per hari.

Dengan tubuh yang sudah memproduksi beberapa kolesterol, sangat penting untuk melihat berapa banyak daging, telur, produk susu, dan makanan tinggi kolesterol lainnya yang kita konsumsi. Dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan banyak minum air putih, kadar kolesterol Anda seharusnya baik-baik saja.

Tapi jika Anda mealawan kadar kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk menambahkan satu sendok makan madu ke makanan Anda setiap hari. Madu memiliki kolesterol nol dan memiliki banyak nutrisi hebat seperti kalsium, potasium, dan vitamin B. Selain itu, madu memiliki antioksidan di dalamnya, yang membantu mengikat radikal bebas di dalam tubuh.

  • 1 sendok teh madu
  • Jus setengah lemon
  • Bubuk kayu manis secukupnya
  • Campurlah bersama-sama dalam segelas air hangat dan konsumsi sekali sehari

Gunakan Madu Secara Bijak

Meskipun madu sangat baik untuk kesehatan, tetap gunakanlah secara bijak. Alasannya yaitu karena madu memiliki kandungan fruktosa. Satu sendok teh madu bisa memiliki hampir 4 gram fruktosa, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa berefek negatif bagi mereka yang menderita diabetes. Dianjurkan untuk tetap di bawah 25 gram fruktosa setiap hari.

Meski merupakan obat alami untuk banyak hal, Anda harus berhati-hati untuk mengonsumsi sedikit madu setiap hari. Catat bagaimana perasaan Anda setelah melakukan ini secara teratur selama beberapa bulan. Banyak orang yang mulai menggunakan madu secara teratur, perhatikan berapa banyak energi yang mereka miliki.

Banyak orang memuji madu karena efek obatnya. Jika Anda tidak yakin bagaimana manfaat madu ke dalam hidup Anda secara teratur, gunakan beberapa gagasan yang tercantum di sini. Membeli buku tentang madu yang berisi daftar pengobatan alami untuk segala jenis penyakit dan penyakit merupakan pilihan lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *